Strategi

Sasaran jangka panjang dari PSMTK UNRI (2015-2035) yang selaras dengan sasaran strategis Fakultas adalah peningkatan daya saing berupa pengembangan riset inovasi dan pendidikan yang diperhitungkan baik di level nasional maupun regional Asia Tenggara pada tahun 2035. Untuk mencapai sasaran tersebut, dibuatlah beberapa strategi jangka pendek yaitu berupa penguatan layanan (2015-2020), strategi jangka menengah yaitu penguatan daya saing nasional (2020-2025).

Adapun strategi pencapaian sasaran jangka pendek PSMTK UNRI secara detail tertuang dalam Rencana Strategis 2016-2020 PSMTK UNRI. Strategi pencapaian sasaran tersebut adalah sebagai berikut.

Strategi Pencapaian Sasaran 1

  • Meningkatkan Kualitas Input dan Proses Seleksi yang Kompetitif

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Rasio Kompetisi

0,7

0,7

1,07

1,10

1,15

1,20

Rata-rata IPK S1

3,79

3,79

3,80

3,85

3,90

3,95

Rata-rata Skor TPA

350

350

365

375

400

450

  • Merumuskan kurikulum berbasis kompetensi dan melaksanakan pembelajaran yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Kejelasan Perumusan Kompetensi Lulusan di Dalam Kurikulum

90%

91%

92%

93%

94%

100%

Pelaksanaan Peninjauan Kurikulum dalam kurun waktu 5 tahun terakhir

60%

70%

80%

100%

100%

100%

Ketersediaan Instrumen Kurikulum (Silabus, RP dan RKPP)

95%

96%

98%

100%

100%

100%

Jumlah buku ajar/Monograf untuk perkuliahan

3

3

4

5

6

7

Monitoring pelaksanaan pembelajaran (IKD rata-rata dosen)

90

90

90

90

90

90

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran (EDOM rata-rata dosen)

3,60

3,34

3,50

3,50

3,60

3,60

Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen pembimbing akademik (PA) per semester

10

9

9

8

8

8

Persyaratan penguasaan bahasa inggris (TOEFL)

450

450

450

450

450

500

Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/tesis (bulan)

16

16

14

12

10

8

Rata-rata lama studi (tahun)

3,3

3,3

3,0

2,5

2,1

2

  • Meningkatan Kualitas Dosen dan tenaga kependidikan

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Rasio jumlah dosen terhadap jumlah mahasiswa

0,3

0,3

1

2

3

4

jumlah dosen tetap

12

12

13

14

15

15

jumlah dosen tetap berpendidikan (terakhir) S3

12

12

13

14

15

15

Jumlah guru besar

5

5

5

6

7

8

Jumlah dosen tetap dengan jabatan lektor kepala

4

4

4

5

6

7

Jumlah dosen memiliki sertifikat pendidikan profesional

12

12

13

14

15

15

Jumlah dosen bersertifikat Pekerti, AA, atau TIW

12

12

13

14

15

15

Tingkat kehadiran dosen dalam mengajar (%)

90

95

96

97

98

99

Jumlah dosen tetap yang pernah menjadi guru besar tamu (visiting professor)

3

4

5

6

7

8

Persentase dosen tetap yang pernah menjadi pakar/konsultan/ staf ahli/ nara sumber pada lembaga/ perusahaan nasional atau internasional

50

50

55

60

65

70

Persentase dosen tetap yang menjadi anggota masyarakat/himpunan/asosisasi profesi dan/atau ilmiah tingkat internasional

75

75

80

85

90

100

  • Mengusahakan pembiayaan, sarana, prasarana, dan sistem informasi yang handal untuk operasional pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang bermutu.

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Persensate perolehan dana dari mahasiswa dibandingkan dengan total penerimaan dana

25

25

25

25

25

25

Rata-rata dana operasional per mahasiswa per tahun

37

37

33

30

27

24

Dana penelitian rata-rata per dosen

110

110

110

120

130

140

Dana pengabdian masyarakat rata-rata per dosen

68

68

68

70

72

74

Jumlah judul bahan pustaka berupa buku teks (buah)

702

702

720

740

760

780

Jumlah bahan pustaka: disertasu/tesis (buah)

44

50

60

70

80

90

Jumlah bahan pustaka berupa jurnal ilmiah terakreditasi DIKTI

5

5

6

6

7

8

Sistem informasi pengelolaan data yang digunakan dalam administrasi (% sudah online)

63

73

90

100

100

100

Tersedianya peralatan lab terkait

65

65

75

80

85

90

  • Memperkuat jejaring Alumni

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Keberadaan ikatan alumni (%)

70

70

75

80

85

90

Partisipasi alumni dalam pendanaan di Prodi (%)

50

70

75

100

100

100

Jumlah alumni terlibat dalam proses pembelajaran di prodi

50

55

60

65

70

80

Strategi Pencapaian Sasaran 2

  • Meningkatkan jumlah proposal penelitian yang didanai di tingkat nasional dan internasional

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Jumlah penelitian dosen dengan biaya LN

1

1

1

2

3

4

Jumlah penelitian dosen dana Kemenristekdikti

11

11

12

13

14

15

Jumlah penelitian dosen dana instansi selain Kemenristekdikti

1

1

1

2

3

5

Jumlah penelitian tesis mahasiswa yang terlibat penelitian dosen

16

16

19

21

26

30

Besar dana penelitian rata-rata per dosen (dalam juta rupiah)

130

130

130

140

150

160

  • Menjalin kerja sama dengan institusi baik dalam negeri maupun luar negeri untuk kolaborasi penelitian

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Jumlah kegiatan kerjasama dengan instansi didalam negeri (MoU)

7

7

8

9

10

11

Jumlah kegiatan kerjasama dengan instansi diluar negeri (MoU)

9

9

9

10

11

12

Jumlah penelitian kolaborasi dengan institusi luar negeri

1

1

1

2

3

4

Jumlah penelitian kolaborasi dengan institusi dalam negeri

1

1

2

3

4

5

  • Meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis publikasi ilmiah dan memperoleh HAKI

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Jumlah Publikasi dosen dalam artikel/karya ilmiah internasional bereputasi

30

30

30

35

40

45

Jumlah publikasi dosen dalam artikel/karya ilmiah internasional

30

30

30

35

40

45

Jumlah publikasi dosen pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional

1

1

2

3

4

5

Jumlah publikasi dosen pada jurnal ilmiah tidak terakreditasi

2

2

3

4

5

6

Karya PS/institusi memperoleh perlindungan HaKI

4

4

5

6

7

8

Strategi Pencapaian Sasaran 3

  • Meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat yang didanai baik dari Universitas, tingkat nasional dan internasional.

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Rata-rata banyaknya kegiatan PkM per dosen

1,8

1,8

2

2

3

3

Besar dana PkM per dosen (dalam juta rupiah)

68

68

68

70

72

74

Jumlah kegiatan PkM dengan biaya LN

1

1

1

2

2

3

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan PkM

-

-

2

3

4

5

  • Menjalin kerja sama dengan institusi baik dalam negeri maupun luar negeri untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Jumlah MoU dengan Institusi LN untuk pengabdian masyarakat

1

1

1

2

2

3

Besar dana pengabdian masyarakat bersumber dari institusi LN (juta)

150

150

200

300

400

500

Strategi Pencapaian Sasaran 3

  • Menyelenggaran organisasi yang Kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Presentase kualifikasi dosen yang bergelar doktor

100

100

100

100

100

100

Jumlah rapat prodi yang dilakukan dalam 1 semester

5

5

6

6

6

6

Pelaksanaan evaluasi sasaran prodi

-

-

1

1

1

1

  • Membuat dokumen perencanaan strategis untuk pengembangan prodiĀ  (Renstra, Renop)

Indikator Kinerja Sasaran

Base Line

2016

2017

2018

2019

2020

Tersedianya dokumen kebijakan, standar, prosedUNRI, dan manual mutu akademik (%)

100

100

100

100

100

100

Evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu

-

-

1

1

1

1

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal)

-

-

1

1

1

1